Bandar Lampung

Tindak Lanjuti Instruksi Kemendagri, Disdukcapil Bandar Lampung Siap Terbitkan e-KTP Untuk Transgender

Beeoneinfo.com, Bandar Lampung – Kementerian Dalam Negeri (KEMENDAGRI) akan memberikan fasilitas pembuat KTP Elektronik bagi transgender. Hal tersebut berkaitan dengan banyak transgender yang belum memiliki identitas kependudukan di Indonesia.

Sebagaimana keterangan pers Pusat Penerangan Kemendagri, Sabtu (24/4/2021), langkah Kemendagri membantu pembuatan e-KTP untuk transgender disampaikan lewat rapat virtual Direktorat Jenderal Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri dengan Perkumpulan Suara Kita.

“Dukcapil seluruh Indonesia akan membantu teman-teman transgender untuk mendapatkan dokumen kependudukan. Bagi yang sudah merekam data, caranya: harus diverifikasi dengan nama asli dulu. Pendataannya tidak harus semua ke Jakarta. Di daerah masing-masing juga bisa dibantu oleh dinas dukcapil setempat. Termasuk untuk dibuatkan KTP-el sesuai dengan alamat asalnya,” kata Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakhrulloh dilansir dari detik.com.

Lagi Viral :   Kecup Mesra Eva Dwiana, Herman HN: "Kita Masih Seperti yang Dulu"

Mengenai hal tersebut, Kadisdukcapil kota Bandar Lampung, Zainudin mengatakan pihaknya sudah siap untuk menjalankan instruksi Kemendagri untuk menerbitkan KTP elektronik dengan ketentuan yang berlaku.

“Tidak ada masalah, dengan catatan dia sudah melalui secara medis dan putusan dari pengadilan. Kita akan fasilitasi,” kata Zainudin saat dijumpai pewarta di gedung satu atap pada, Senin (26/4).

“Karena tugas Disdukcapil ini melayani sesuai dengan dokumen yang ditunjukan yang di kuatkan oleh pengadilan,” sambung dia.

Lagi Viral :   Marak Kasus Pencabulan Pada Anak Di Bawah Umur, Ketua DPD AMPI Lampung Minta APH Terapkan Hukum Kebiri

Ia pun mengambil contoh kasus yang terjadi kepada Aprilio Perkasa Manganang yang merupakan atlet volly. Menurutnya tidak ada masalah asalkan ada rekam jejak medis dan putusan dari pengadilan yang menyatakan bahwa dia adalah perempuan atau laki-laki.

Selain perubahan gender, Zainudin menambahkan hal serupa juga berlaku untuk perubahan nama. Dimana putusan pengadilan menjadi syarat dari perubahan nama.

“Jika ada perubahan nama pun bisa dilakukan dengan catatan ada penguatan dari pengadilan. Misalkan namanya Badu Ahmad, tapi di Disdukcapil terdata sebagai Badu. Untuk perubahan nama bisa dengan membawa dokumen tadi ke Disdukcapil,” terangnya.

Penerbitan perubahan gender sudah bisa dilakukan sejak putusan pengadilan telah terbit. Namun menurut Zainudin hingga saat ini belum ada transgender yang mengajukan perubahan status ataupun penerbitan KTP elektronik.

Lagi Viral :   Arist Merdeka Sirait Kunjungi Dan Beri Bantuan Untuk Korban Tsunami Di Lampung Selatan

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top