Bandar Lampung

Walikota Eva Dwiana Terima Gelar Adat Batin Mustika Cahaya Marga dari Kebandaran Marga Balak

Beeoneinfo.com, BANDAR LAMPUNG – Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana, mendapat gelar Batin Mustika Cahaya Marga Kebandaran Marga Balak Telukbetung. Prosesi pemberian gelar tersebut berlangsung di dua tempat yakni lamban di Lamban Dalom, rumah adat kebandaran marga balak, di Kelurahan Negeri Olok Gading dan Sumur Puteri pada, Rabu (28/12).

Gelar tersebut menempatkan Walikota Eva Dwiana sebagai saudari dari Pangeran Igama Ratu Kebandaran Marga Balak Telukbetung, Yusuf Erdiansyah Putra.

“Ini adalah amanah yang harus bunda emban. Insha allah bunda akan menjalani sesuai dengan harapan para raja dan pangeran terdahulu untuk masyarakat dan daerah yang kita cintai,” ujar orang nomor satu di kota Tapis Berseri itu.

Lagi Viral :   Tangis Haru Winarti Di Dente Teladas

Usai menerima gelar tersebut, Eva Dwiana berniat untuk melestarikan adat istiadat Lampung di kota Bandar Lampung dengan merangkul kaum milenial yang ada di Bandar Lampung.

“Adat istiadat Lampung harus dibudayakan, supaya para milenial kita paham adat istiadat Lampung. Ada istiadat ini memang cukup rumit dan banyak hal-hal yang belum di ketahui oleh anak-anak milenial namun harus tetap diketahui agar tetap lestari,” kata dia.

Lagi Viral :   Rakor Pejabat, Walikota Metro Minta Terapkan Kebiasaan 5 M

Pangeran Igama Ratu Kebandaran Marga Balak Teluk Betung, Yusuh Erdiasyah Putra mengatakan dengan diangkatnya Eva Dwiana dengan gelar Batin Mustika Cahaya Marga menempatkan posisi istri dari Herman HN itu sebagai saudara perempuan tertinggi dalam angkon muakhi.

“Batin itu saudara perempuan tertinggi yang kami angkon muakhi, sedangkan mustika adalah pamungkas dan cahaya adalah penerang. Kami berharap bunda bisa menjadi pamungkas dan penerang di kemargaan kami,” kata dia.

Selain itu, ia pun berharap silaturami yang baik tersebut bisa terus dijaga dan adat budaya Lampung bisa terus lestari hinggi generasi seterusnya.

Lagi Viral :   Pemkot Bandar Lampung Bangun PUSKESMAS Rawat Inap Untuk Warga Sawah Brebes

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top