Lampung

Kementrian Pertanian Bersama Komisi IV DPR RI Menggelar Bimtek Komoditas Pertanian Di Lampung Selatan

Katibung, beeoneinfo.com

Kementerian Pertanian bersama Komisi IV DPR RI menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Komoditas Pertanian mengenai Peran Benih Tanaman Pangan Terstandar dalam Pencapaian Ketahanan Pangan di Kabupaten Lampung Selatan.

Bimbingan Teknis yang dipusatkan di Desa Karya Tunggal, Kecamatan Katibung, Rabu 26/7/2023, diikuti ratusan petani dari berbagai kelompok tani di Kecamatan Katibung.

Kegiatan yang prakarsai oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) dibuka oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto serta turut dihadiri Ketua Komisi IV DPR RI Sudin.

Hadir juga Kepala Balai Besar Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BBPSIP) Syamsuddin, serta sejumlah pejabat Kementerian Pertanian dan Pemkab Lampung Selatan.

Lagi Viral :   Bupati Tulang Bawang Hadiri Pisah Sambut Kapolres Tulang Bawang

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bimtek Komoditas Pertanian tersebut.

“Saya berharap Bimtek ini akan menambah ilmu pengetahuan para petani dalam memilih benih tanaman pangan berstandar untuk meningkatkan produktivitas pertanian kita,” ujar Nanang.

Nanang juga berharap, melalui Bimtek tersebut dapat menambah wawasan dan pemahaman petani tentang penggunaan benih bersertifikat dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

“Dengan Bimtek ini diharapkan pengetahuan para petani akan meningkat, bagaimana caranya menggunakan benih tanaman terstandar. Sehingga produktivitas hasil pertanian juga turut meningkat. Dengan demikian tidak sulit bagi kita mencapai Ketahanan Pangan,” kata Nanang.

Sementara, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengatakan, dengan memperkuat penggunaan benih bersertifikat, diharapkan dapat mencapai hasil pertanian yang lebih baik, meningkatkan ketahanan pangan, dan memenuhi tuntutan pasar yang semakin ketat.

Lagi Viral :   Sanggar Seni Tradisi Musik Gambus Dan Nyambai Gelar Pagelaran Musik

“Saya harap bimbingan teknis ini dapat menambah ilmu untuk para peserta. Agar ilmunya nanti bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian bapak ibu sekalian,” kata Sudin.

Sementara itu, Kepala BBPSIP Syamsuddin mengatakan, Provinsi Lampung khususnya Lampung Selatan merupakan salah satu wilayah pengembangan tanaman pangan padi di Indonesia.

“Posisi Provinsi Lampung khususnya Lampung Selatan yang dekat dengan DKI Jakarta adalah yang terbaik dan strategis selaku salah satu penyandang pangan di DKI Jakarta,” katanya.

Oleh karena itu lanjut Syamsudin, melalui Bimtek tersebut BSIP ingin memberikan informasi kepada para petani terkait tata cara berproduksi yang baik yang standar.

Lagi Viral :   Ajaib : 3 Dinas Tidak Mengakui, Proyek Drainase Tiba - Tiba Muncul Di Metro Hampir Beres

“Agar produksinya itu lebih bagus, bermutu dan bisa lebih efisien. Efisien itu bukan berarti harus mahal, tetapi pembiayaan itu tidak merugikan para petani,” kata Syamsudin. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top