Nasional

Gerhana Jelang Idul Fitri, Astronom Arab Sebut Berdampak Pada Pemantauan Hilal

Nasional, beeoneinfo.com

Gerhana Matahari Total yang terjadi jelang Lebaran nanti akan berpengaruh pada penampakan hilal awal Syawal. Ini diungkapkan oleh Asosiasi Astronomi Uni Emirat Arab (UAE).

Fenomena Gerhana Matahari Total akan terjadi pada 8 April 2024. Saat itu, pengamatan bulan sabit setelah Matahari terbenam akan sulit ungkap Ketua Asosiasi Astronomi UEA, Al Jarwan. Bulan sabit awal Syawal akan baru terlihat keesokan harinya atau pada Selasa (9/4/2024).

Kelahiran bulan sabit Syawal adalah tanda bulan baru. Ini menjadi penanda berakhirnya bulan Ramadan.

Lagi Viral :   Acara Musik Dan Pesta Miras Di Bubarkan Polisi, Safari Dan Adi Ancam Bunuh Kapolsek

Untuk itu kita bisa memprediksi Idul Fitri berdasarkan fenomena tersebut. Melansir Gulf News, Asosiasi Astronom UEA memperkirakan lebaran jatuh pada Rabu (10/4/2024) mendatang.

Sementara itu, Gerhana Matahari Total yang terjadi pekan depan tak akan terlihat di Indonesia. NASA mengatakan fenomena nampak di Amerika Utara, Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada.

Pakar Gerhana asal Prancis, Xavier Jubier, mengatakan jalur Gerhana Matahari Total akan membentang di Samudra Pasifik hingga Samudra Atlantik seluas 162-200 kilometer.

Lagi Viral :   Warga Antusias Memperbaiki Fasilitas Sekolah Dibantu Prajurit Raider

Titik totalitas terpanjang akan terjadi di Nazas, dekat area Durango, Meksiko, dikutip dari detikcom. Total Gerhana Matahari Total akan terjadi selama 4 menit 28 detik, dengan terlama selama 3,5 menit hingga 4 menit di Torreon Meksiko.

Anda dapat menyaksikan proses GMT di kanal Youtube NASA Spanyol. Kanal tersebut akan menyediakan siaran langsung secara online selama proses gerhana.

Gerhana matahari juga akan menimbulkan fenomena lain. Diperkirakan bakal ada lonjakan trafik internet selama proses berlangsung karena banyak orang yang mengakses Google Search untuk mencari tahu dampak melihat gerhana secara langsung.

Lagi Viral :   Ini Peranan Sang Isteri Saat Suami Menyerang Menkopolhukam Wiranto

Related posts:

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terbaru

To Top